Hamizan Blog

Berbagi Informasi Dan Berita

Kisi-Kisi Soal Masuk PTN 2015

Prediksi kisi-kisi soal masuk perguruan tinggi negeri tahun 2015 Seleksi Masuk Bersama Perguruan Tinggi Negeri (SMBPTN 2015) oleh panitia akan diberikan kepada para peserta calon mahasiswa yang akan masuk perguruan tinggi negeri di seluruh Indonesia.

Hal ini seperti informasi dan pemberitaan yang dimuat di media JPNN terkait dengan informasi bahwasannya panitia SMBPTN 2015 akan mempublikasikan soal-soal ujian tulis masuk perguruan tinggi di tahun 2015 ini.

Kisi-Kisi Soal Masuk PTN 2015

SNMPTN SMBPTN Tahun 2015


Jalur masuk perguruan tinggi negeri di tahun 2015 ini terbagi menjadi 3 jalur yaitu :
  1. Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).
  2. Seleksi Mandiri Bersama Perguruan Tinggi Negeri (SMBPTN).
  3. Seleksi Mandiri Perguruan Tinggi Negeri.
Pemerintah menetapkan ada tiga jalur masuk PTN tahun ini. Yakni seleksi nasional masuk PTN (SNM PTN) yang berbasis nilai unas dan penelusuran prestasi akademik.

Kemudian SBM PTN yang berbasis ujian tulis, serta ujian mandiri yang dilaksanakan masing-masing kampus.

Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Mandiri Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahun 2015 kali ini diketuai oleh Rektor UNY Prof Dr Rochmat Wahab MPd M.A, sedangkan sekretaris dijabat oleh Rektor Universitas Andalas Padang Prof Dr Werry Darta Taifur MA.

Tahun ini universitas negeri yang tergabung dalam SNMPTN sebanyak 63 universitas, sebelumnya sebanyak 62 universitas. Selain itu tahun ini ada 13 universitas negeri baru yang magang dalam kegiatan SNMPTN. Diharapkan tahun 2016 mendatang mereka tergabung dalam seleksi nasional mahasiswa tersebut. Seperti informasi yang dirilis dari suaramerdeka.com

Berbeda dengan SBMPTN, SNMPTN merupakan seleksi calon mahasiswa tanpa tes. Seleksi jalur itu menggunakan nilai rapor dan portofolio prestasi yang dimiliki oleh calon mahasiswa.

Semua prosesnya mulai dari pengisian PDSS (Pangkalan Data Sekolah dan Siswa), pendaftaran, dan pengunggahan karya calon mahasiswa dilakukan secara online.

Jadwal SNMPTN tahun 2015 sendiri terdiri atas :
Sementara SBMPTN berupa tes tertulis yang dilakukan setelah kelulusan siswa, artinya dilakukan setelah proses SNMPTN. Jadwal pelaksanaan ujian tertulis SBMPTN tahun 2015 bersamaan dengan pendaftaran ulang SNMPTN, yakni 9 Juni.

Soal-Soal Masuk Perguruan Tinggi Negeri 2015


Ketua SNM PTN sekaligus SBM PTN Rohmat Wahab mengatakan, panitia belum menetapkan waktu pendaftaran SBMPTN. "Biasanya SBM PTN dilaksanakan setelah SBM PTN," katanya kemarin.

Rohmat menuturkan, muncul masukan untuk perbaikan sistem ujian tulis SBM PTN. Yakni panitia mempublikasi kisi-kisi soal yang akan diujikan kepada calon mahasiswa baru. Skemanya mirip dengan publikasi kisi-kisi ujian nasional (unas) yang rutin dibeber setiap tahun.

"Usul mempublikasi kisi-kisi soal SBM PTN ini baik sekali. Akan kita kaji bersama para rektor PTN," kata pria yang juga rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) itu. Dalam waktu dekat, keputusan publikasi kisi-kisi soal SBM PTN itu akan dikeluarkan.

Soal-Soal Masuk PTN 2015

Jika panitia benar-benar mempublikasi kisi-kisi soal SBM PTN, tentu sebuah terobosan yang penting. Sebab selama ini peserta SBM PTN "buta" terhadap materi ujian yang akan mereka garap. Calon mahasiswa bisa bersiap dengan mempelajari kisi-kisi. Mereka hanya bisa mengira-ngira berdasarkan buku presiksi soal SBM PTN yang dibuat bukan oleh panitia resmi.

Rencana lain adalah publikasi nilai hasil ujian tulis SBM PTN. Selama ini panitia hanya mengumumkan kelulusan dengan mempublikasi nama dan nomor ujian saja, tanpa disertai nilai hasil ujian. Sehingga tidak diketahui nilai yang jeblok, sihingga tak lulus SBM PTN, itu ada di mata ujian bidang apa.

"Banyak pertimbangan apakah kita nanti juga akan memampang nilai hasil ujian tulis SBM PTN," tutur Rahmat.

Salah satu pertimbangannya adalah, aturan keterbukaan informasi publik (KIP). Menurutnya, nilai hasil ujian tulis adalah informasi publik yang dikecualikan alias rahasia. Yang boleh mengetahui hanya peserta bersangkutan. (jpnn.com).

Kita tunggu bersama apakah benar panitia benar-benar akan mempublikasikan secara umum soal-soal ujian masuk perguruan tinggi negeri si seluruh Indonesia di tahun 2015 ini

0 Komentar untuk "Kisi-Kisi Soal Masuk PTN 2015"

 
Copyright © 2013 ~ 2016 - All Rights Reserved
<