Hamizan Blog

Berbagi Informasi Dan Berita

Kandungan Manfaat Teh Untuk Kesehatan

Manfaat teh hitam dan teh hijau bagi kesehatan tubuh memang telah banyak dibuktikan. Penelitian-penelitian seputar manfaat teh juga banyak dikemukakan dan dipublikasikan secara umum pada masyarakat dunia. Apalagi dengan tradisi kebanyakan masyarakat Indonesia yang gemar minum teh di pagi hari akan memberikan dampak manfaat yang baik pula.

Teh, selain dapat memberikan kesegaran kepada tubuh, ternyata mempunyai banyak manfaat yang sangat berguna bagi kesehatan tubuh manusia. Minuman berwarna coklat ini biasa untuk menjamu tamu ataupun dalam untuk minuman acara-acara rapat , pertemuan ataupun acara lainnya.

Manfaat Teh Bagi Kesehatan
Manfaat Teh Bagi Kesehatan

Minuman yang sudah dikenal seluruh dunia ini, aromanya harum serta rasanya yang khas membuat minuman ini banyak dikonsumsi banyak orang. Dan banyak khasiat minum teh tiap hari bila tidak berlebihan pula.

Menurut hasil penelitian yang telah dilakukan di Jepang dan Rusia ada beberapa nilai nutrisi dan manfaat teh yang dapat diperoleh dari teh terutama teh hijau dan teh hitam. Karena Kandungan daun teh terdiri dari beberapa zat kimia yang dapat digolongkan menjadi 4. yaitu :
  • Substansi fenol (katekin, flanavol).
  • Bukan fenol (karbohidrat, pektin, alkaloid, protein,asam amino, klorofil, asam organik).
  • Senyawa aromatis.
  • Enzim
Menurut Direktorat Gizi Departemen Kesehatan RI di dalam 100 gram daun teh terkandung bahan-bahan antara lain kalori 132, lemak 0,7 g, kasium 717 mg, besi 11,8mg, vitamin B 0,01 mg, air 7,6 g, protein 19,5 g, karbohidrat 67,8 g, fosfor 265 mg, Vitamin A 2.095 SI, Vitamin C 300 mg.

Manfaat Khasiat Minum Teh Bagi Kesehatan Tubuh


Berikut ini adalah beberapa manfaat khasiat teh hijau dan teh hitam bagi kesehatan tubuh kita antara lain adalah :

Mengurangi Resiko Keracunan Makanan

Hal ini karena kandungan yang terdapat di dalam daun teh itu sendiri. Unsur Catechin (salah satu unsur dalam polyfenols), telah terbukti memiliki kemampuan untuk menghentikan pertumbuhan beberapa bakteri yang menyebabkan keracunan makanan.

Demikian juga Polifenol pada teh berupa katekin dan flavanol. Senyawa ini berfungsi sebagai antioksidan untuk menangkap radikal bebas dalam tubuh juga ampuh mencegah berkembangnya sel kanker dalam tubuh. Sehingga bisa termasuk dalam manfaat teh bisa untuk menekan tumbuhnya sel kanker ataupun tumor.

Menjaga Kesehatan Kulit

Teh hijau dapat berfungsi menjaga kesehatan kulit secara alami. Hal tersebut di karenakan teh hijau dapat melindung kulit kita dari sengatan sinar ultraviolet sehingga secara tidak langsung dengan sering mengkonsumsi teh hijau dapat membuat kita terhindar dari penyakit kanker kulit.

Selain dapat mencegah penyakit kanker kulit, teh hijau juga terbukti mampu membuat kulit kita tidak cepat keriput. Tentunya ini juga banyak diminati oleh kaum wanita dalam rangka usaha menjaga kesehatan kecantikan kulit mereka juga. Ini salah satu manfaat minum teh bagi kaum wanita perempuan

Sebagai Minuman Penurun Berat Badan.

Teh hijau terbukti dapat mengurangi penyerapan lemak dalam tubuh sehingga secara otomatis jumlah lemak di dalam tubuh akan berkurang. Selain itu pada teh hijau juga terdapat ketekin polifenol yang menyebabkan intensitas pembakaran lemak.

Dan teh hijau pula bisa membuat tubuh lebih langsing. Karena minum teh akan mempercepat pencernaan dan meningkatkan metabolisme. Namun jangan mencampur teh dengan susu, karena khasiat tersebut akan hilang.

Manfaat Khasiat Minum Teh Bagi Kesehatan Tubuh
Manfaat Khasiat Minum Teh Bagi Kesehatan Tubuh

Menjaga Kesehatan Tulang

Di dalam sebuah penelitian pernah menyebutkan minum teh setiap hari mampu menguatkan tulang. Selain itu, hampir semua jenis teh, baik itu hijau, hitam atau oolong, semua memiliki khasiat meningkatkan kepadatan tulang.

Menjaga kesehatan Jantung
Sebuah penelitian di Belanda menemukan bahwa orang yang minum teh setidaknya 2 kali sehari 70% lebih kecil kemungkinannya untuk mengalami serangan jantung. Hal ini dikarenakan Vitamin C yang dikandungnya berfungsi sebagai antioksidan. Antioksidan dalam darah berperan membantu kesehatan jantung dan diperlukan juga untuk ketahanan tubuh manusia terhadap penyakit.

Disamping itu teh mengandung vitamin E sebanyak sekitar 100-200 IU untuk 1 cangkir teh, yang merupakan kebutuhan satu hari bagi tubuh manusia. Jumlah ini berfungsi menjaga kesehatan jantung dan membuat kulit menjadi halus.

0 Komentar untuk "Kandungan Manfaat Teh Untuk Kesehatan"

 
Copyright © 2013 ~ 2016 - All Rights Reserved
<