Hamizan Blog

Berbagi Informasi Dan Berita

Cara Menurunkan Mencegah Kolesterol

Tips menurunkan kolesterol terlebih adalah kolesterol jahat perlu kita ketahui bersama. Karena memang dampak kolesterol jahat terhadap kesehatan kita juga tidak bisa terbilang sedikit. Terutama juga pengaruh kolesterol terhadap kesehatan jantung dan pembuluh darah lainnya. Untuk itulah pengetahuan dan pemahaman yang benar mengenai berbagai macam cara menurunkan dan mencegah kolesterol dalam tubuh kita.

Kolesterol adalah merupakan bagian dari komponen lemak. Dan lemak merupakan salah satu zat gizi yang sangat diperlukan oleh tubuh kita disamping zat gizi lain seperti karbohidrat, protein, vitamin dan mineral. Lemak merupakan salah satu sumber energi yang memberikan kalori paling tinggi. Pada hakekatnya kolestrol ini merupakan zat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita terutama untuk membentuk dinding sel-sel dalam tubuh. Inilah yang dimaksud dengan pengertian kolesterol.

Hanya saja bila berlebihan dan terjadi proses peningkatan kolesterol jahat dalam tubuh akan bisa menyebabkan resiko penyakit jantung koroner dan juga penyakit stroke akan bisa meningkat pula. Untuk itu bagi para penderita kolesterol tinggi harus juga mengetahui bagaimana cara yang sehat dan alami dalam menurunkan kadar kolestrol dalam darah juga.

Tips Cara Menurunkan Mencegah Kolesterol

Beberapa cara menurunkan kolesterol tinggi adalah dengan melakukan berbagai hal berikut ini yaitu :
  • Mengkonsumsi Makanan Berserat. Makanan tinggi serat akan sangat membantu dalam mencegah peningkatan kolesterol jahat dalam tubuh. Karena konsumsi makanan serat tinggi seperti halnya gandum, kacang-kacangan, dan juga tidak lupa berbagai macam jenis buah-buahan akan bisa menyerap kolesterol nantinya dan akan membantu dalam proses pengeluaran kolestrol dari dalam tubuh.
  • Rajin Olahraga. Melakukan berbagai macam aktifitas olahraga, apalagi bila hal tersebut juga merupakan salah satu hobi kita akan sangat membantu dalam mencegah kolestrol jahat tertumpuk dalam tubuh. Proses olahraga akan membantu proses pembakaran lemak dalam tubuh serta juga membakar kalori termasuk nantinya kolesterol jahat itu sendiri. Manfaat olahraga lainnya juga tentunya akan menjaga kesehatan tubuh dan kebugaran badan kita sendiri.
  • Pola Makan Sehat. Pola makan sehat akan membantu dan efektif dalam usaha kita mencegah peningkatan kolesterol darah dalam tubuh. Menjauhi dan mengurangi akan berbagai macam bentuk makanan yang banyak mengandung kadar lemak jenuh. Mulai menjalankan pola hidup sehat dan beralih banyak konsumsi sayur dan buah-buahan menjadi tips efektif dalam hal ini.
  • Menurunkan Berat Badan. Maksudnya bila kita mengalami obesitas kegemukan. Maka hal ini harus kita turunkan. Karena sebagain besar penyeba obesitas adalah karena penumpukan lemak dan penumpukan lemak inilah yang akan bisa secara lambat dan perlahan akan bisa menyebabkan penumpukan kolestrol dalam darah.
  • Hindari Produk Makanan Yang Digoreng. Perbanyaknya makan dan konsumsi bentuk makanan yang dimasak dengan menggunakan metoda di rebus.
Ada juga beberapa jenis makanan penurun kolesterol tinggi yaitu :
  • Gandum. Makanan jenis gandum ini menurut ahli nutrisi yang bernama Colleen Pierre, R.D dari Sports Medicine Center at Union Memorial Hospital mengatakan bahwasannya gandum berkhasiat untuk menurunkan kolesterol karena bahan makanan ini kaya akan serat dan juga mudah larut.
  • Kacang Kedelai. Kacang kedelai dan hasil olahannya misalnya menjadi tahu, tempe, susu kedelai, dan tepung kedelai mengandung isoflavon, yaitu zat yang bisa menekan LDL (kolesterol jahat). Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) menganjurkan untuk mengonsumsi sedikitnya 25 gram protein kedelai per hari untuk menurunkan kadar kolesterol.
  • Ikan Salmon. Ikan salmon sangat baik untuk kesehatan jantung karena kandungan EPA dan DHA yang terdapat di dalamnya. Selain itu juga karena mengandung asam Omega-3 yang bisa menurunkan LDL dan trigiserilda serta meningkatkan HDL. The American Heart Association (AHA) merekomendasi paling tidak dua porsi per minggu untuk mendapatkan manfaat maksimal. Selain salmon, ikan tuna, trout, sarden, makerel, dan hering juga baik untuk kesehatan jantung kita pula.
  • Minyak Zaitun. Hal ni berdasarkan apa yang telah dikemukakan oleh Bettye Nowlin, M.P.H., R.D (ahli nutrisi dari Los Angeles) yang menyatakan bahwasannya minyak zaitun mengandung asam lemak tak jenuh tunggal yang ketika menjadi bagian dari sebuah lemak rendah akan berfungsi membantu mengatur kadar kolesterol.

0 Komentar untuk "Cara Menurunkan Mencegah Kolesterol"

 
Copyright © 2013 ~ 2016 - All Rights Reserved
<