Hamizan Blog

Berbagi Informasi Dan Berita

Manfaat Ibu Memberikan ASI

Manfaat pemberian ASI bagi ibu maupun bagi sang bayi adalah begitu banyak. Karena memang kandungan zat gizi nutrisi dari ASI adalah memang terbaik bagi sang bayi. Hanya saja di jaman sekarang ini, tidak dipungkiri banyak juga para ibu yang enggan memberikan asi eksklusif kepada bayinya hanya karena sibuk dengan pekerjaan dan karirnya saja. Padahal banyak manfaat memberikan asi eksklusifyang bisa didapatkan oleh para ibu.

Inisiasi Menyusui Dini IMD juga kita kenal. Yang dimaksud dengan IMD adalah para ibu setelah proses melahirkan selesai sesegera mungkin memberikan air susu ibu kepada sang bayi. Bahkan dianjurkan untuk sesegera mungkin bayi anda begitu dilahirkan, yaitu sekitar 30 menit setelah dia lahir langsung diberikan ASI yang banyak dan kaya akan kolostrum ASI yaitu zat gizi yang begitu bermanfaat bagi kesehatan bayi itu sendiri.

Manfaat ASI Bagi Ibu Dan Bayi

Dr. Utami Roesli, SpA ketua Sentra Laktasi Indonesia menjelaskan bahwasannya cara menyusui yang benar adalah merupakan langkah awal dan baik dalam meningkatkan dan menjaga kualitas ibu dan kualitas hidup sang anak di kemudian hari. Namun bekerja merupakan penyebab utama ibu tidak dapat menyusui dengan benar
.

Pekerjaan bukanlah alasan bagi sang ibu sehingga tidak dapat menyusui bayinya. Ibu dapat memerah ASI-nya di tempat kerja dan menyimpannya di kulkas untuk diberikan kepada bayinya di rumah. Hal ini harus dilakukan karena menyusui juga sebenarnya amat penting bagi kesehatan ibu.

Berikut beberapa manfaat menyusui bagi ibu yaitu :
  • Hisapan bayi ketika menyusui akan membantu pemulihan rahim setelah melahirkan dan juga merupakan salah satu cara pencegahan perdarahan post partum.
  • Beberapa penelitian telah membuktikan bahwasannya ibu yang menyusui memiliki resiko lebih rendah terhadap kanker rahim dan kanker payudara dibandingkan dengan para ibu yang tidak menyusui ASI.
  • Penelitian di bidang medis kesehatan juga telah membuktikan bahwasannya manfaat wanita yang menyusui bayinya akan memperoleh manfaat dari segi fisik dan manfaat emosional dari menyusui ASI eksklusif.
  • ASI lebih hemat dari segi biaya dan waktu serta tempat tanpa harus membersihkan botol susu atau pun membeli susu kaleng dan juga dapat diberikan secara langsung bila berpergian.
  • Bentuk Ungkapan Kasih Sayang Ibu. Menyusui juga merupakan ungkapan kasih sayang yang nyata dari ibu kepada bayinya. Hubungan batin anatar ibu dan bayi akan terjalin erat karena saat menyusui bayi menempel pada tubuh ibu. Bayi bisa mendengarkan detak jantung ibu, merasakan kehangatan sentuhan kulit ibu dan dekapan ibu.
Selain banyak memberikan manfaat dari menyusui ini bagi sang ibu atau wanita yang menyusui, hikmah menyusui ini juga akan bisa memberikan manfaat untuk kesehatan sang bayi, serta menunjang pertumbuhan dan perkembangan sang bayi di hari kemudian kelak.

Berikut beberapa manfaat menyusui ASI bagi Bayi yaitu :
  • Kandungan ASI Yang Bermanfaat Bagi Kesehatan Bayi. Kolostrum pada awal-awal menyusui banyak mengandung zat kekebalan yang melindungi bayi terhadap penyakit dan infeksi. Kolustrum adalah cairan dengan viskositas kental , lengket dan berwarna kekuningan. Kandungan kolustrum dalam ASI tinggi protein, mineral, garam, vitamin A, nitrogen, sel darah putih dan antibodi yang tinggi daripada ASI matur. Selain itu, kolustrum masih mengandung rendah lemak dan laktosa. Protein utama pada kolustrum adalah imunoglobulin (IgG, IgA dan IgM), yang digunakan sebagai zat antibodi untuk mencegah dan menetralisir bakteri, virus, jamur dan parasit.
  • Bayi Akan Terjaga Kesehatannya. Bayi yang diberikan ASI air susu ibu akan jauh lebih jarang menderita sakit dibandingkan dengan bayi yang tidak mendapatkan air susu ibu. Hal ini disebabkan oleh karena kandungan yang terdapat pada ASI itu sendiri. Manfaat Pemberian ASI bagi kesehatan bayi akan membantu dalam mengurangi risiko seperti halnya : muntah, diare, gastroenteritis, sembelit kronis, kolik, dan gangguan perut lainnya pada bayi.
  • Hubungan psikologis bagi anak dengan ibu akan semakin erat dengan adanya pemberian ASI ini.

0 Komentar untuk "Manfaat Ibu Memberikan ASI"

 
Copyright © 2013 ~ 2016 - All Rights Reserved
<