Hamizan Blog

Berbagi Informasi Dan Berita

Tips Mengatasi Depresi

Cara menghadapi depresi bagi sebagian orang mempunyai cara yang berbeda dan unik. Karena memang manusia dilahirkan berbeda dan unik dan berbeda pula sifatnya satu dengan yang lainnya. Depresi dan stress akan selalu bisa menghampiri dalam kehidupan kita sehari-hari. Cara menyikapi dan juga kiat tips mengatasi depresi perlu kita lakukan dengan baik sehingga kejenuhan, kesedihan akibat dari depresi itu bisa kita hilangkan secepatnya.

Ketika kita kemarin pernah membahas mengenai beberapa penyebab depresi, maka kali ini kita akan belajar bersama bagaimana cara menghilangkan depresi serta juga cara kiat dalam menghadapi situasi kondisi depresi yang mungkin kita hadapi. Kehidupan harus berjalan dengan normal, sehat dan terbebas dari perasaan dan penyebab depresi yang tidak menyenangkan dan juga tidak menyehatkan bagi kesehatan jiwa mental kita tentunya.

Tips Cara Mengatasi Menghadapi Depresi

Berikut beberapa tips menghadapi depresi yaitu :

Melakukan Kegiatan Yang Menyenangkan.
Dengan kita melakukan berbagai macam kegiatan yang menyenangkan dan juga menyibukkan akan membuat hati kita merasa senang, dan sejenak melupakan perasaan kesedihan yang bisa berujung pada keadaan stressor dan depresi. Karena memang hubungan stres dan depresi ini berkaitan juga.

Kegiatan yang merupakan hobi menyenangkan bisa kita lakukan misalnya dengan berolahraga, atau pun yang hobi menulis artikel di blog bisa menyalurkan kegemaran hobi kawan dan sahabat juga bisa dijadikan alternatif bisa menghilangkan rasa penat di dalam otak kita.

Berolahraga.
Melakukan kegiatan yang bermanfaat bagi kesehatan dengan kita berolah raga akan sangat membantu memulihkan kepenatan, kebosanan kita dalam rutinitas kegiatan sehari-hari. baik itu yang berhubungan dengan pekerjaan, kegiatan sosial masyarakat atau pun kehidupan rumah tangga yang kesemuanya ini bisa juga menyebabkan terjadinya depresi ini.

Cukup Istirahat Tidur.
Tubuh manusia bukanlah sebuah mesin robot yang akan selalu siap 24 jam dalam setiap harinya. Karena tubuh manusia membutuhkan istirahat, dan istirahat tidur ini juga akan membantu dalam rangka mengatasi penyebab depresi yang bisa menyerang siapa saja diantara kita semuanya.

Hindari Penggunaan Obat-obatan Terlarang Narkoba.
Penggunaan obat narkotika atau pun narkoba akan bisa menimbulkan efek depresi bila telah masuk dalam stase kecanduan. Bila seseorang yang terbiasa mengkonsumsi obat-obatan terlarang, maka bila tidak mengkonsumsinya akan bisa timbula efek candu, sakaw dan jenis istilah lainnya.

Hindari pula penggunaan dan mengkonsumsi alkohol karena bisa dan dapat menyebabkan depresi. Oleh karena itu, menghindari narkoba dan alkohol adalah langkah yang baik untuk mencegah depresi.

Diskusikan Dengan Orang Yang Dipercaya.
Ketika seseorang mengalami depresi tentu ada masalah yang sedang mengganggu pikirannya, bila jalan keluar atau pun solus yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalahnya tidak dapat juga ditemukan maka mental, jiwa akan bisa mengalami tekanan kuat dalam hal ini. Oleh sebab itu bicarakanlah dengan orang terdekat atau pun yang kita percayai atau orang yang kitaanggap mengerti benar tentang masalah tersebut yang sedang kita alami.

Dengan berbicara pada orang lain (curhat) maka beban yang kita pikul akan terasa lebih ringan. Selain itu jika orang yang kita ajak bicara mengerti benar mengenai duduk persoalan dan masalah yang sedang kita hadapi tersebut, maka siapa tahu dia akan memberikan sebuah solusi yang sebelumnya tidak pernah terpikirkan dalam benak kita.

Berfikir Positif.
Ketika kita sedang dilanda masalah yang cukuop besar dan pelik, selalu lah berusaha untuk berfikir positif dan juga optimis. Bila rasa pesimis yang kita miliki lebih besar peranannya dibandingkan dengan rasa optimis kita, maka justru hal tersebut akan mengecilkan perasaan kita sendiri.

Yakinlah bahwa segala sesuatu memiliki hubungan, kegagalan dan kesuksesan tidak akan pernah bisa dilepaskan. Masalah tidak akan pernah ada tanpa solusi. Yang harus kita lakukan adalah berusaha menemukan solusi dari setiap masalah, bukan untuk memikirkan kegagalan yang telah kita dapatkan.

0 Komentar untuk "Tips Mengatasi Depresi"

 
Copyright © 2013 ~ 2016 - All Rights Reserved
<