Hamizan Blog

Berbagi Informasi Dan Berita

Jadwal UKG 2015

Jadwal pelaksanaan Uji Kompetensi Guru (UKG) November 2015 berdasarkan pada Surat Edaran Dirjen GTK (Guru Dan Tenaga Kependidikan) tertanggal 14 Agustus 2015 ini ditujukan kepada seluruh kepala Dinas Provinsi Kabupaten Kota di tahun 2015 ini.

Kementrian Pendidikan Dan kebudayaan (Kemendikbud) akan melaksanakan Uji Kompetensi Guru (UKG) pada tahun anggaran 2015 ini dan ditujukan pada ribuan guru di seluruh Indonesia pada pertengahan November tahun 2015 ini. Jumlah guru yang akan mengikuti UKG di tahun ini adalah sejumlah 3.015.315 guru.

Jadwal Pelaksanaan UKG 2015

Jadwal UKG Online dan offline akan terbagi kepada kabupaten kota di seluruh Indonesia. Untuk kabupaten/Kota yang telah siap menyelenggarakan dan melaksanakan secara online begitu juga UKG offline bagi Kabupaten Kota yang belum siap melaksanakan secara online kompetensi guru ini.

Jadwal UKG Online adalah pada tanggal 9 - 27 November 2015 dan serentak dilaksanakan di seluruh Indonesia. Rincian lengkap jadwal UKG ini ditentukan bersama oleh LPMP dan dinas pendidikan kabupaten/kota.

Waktu durasi uji kompetensi guru melalui aplikasi UKG secara online pada masing-masing kabupaten/kota akan berbeda dan juga bergantung pada jumlah Tempat Uji Kompetensi (TUK) dan jumlah peserta pada masing-masing wilayah.

Semakin banyak TUK akan semakin cepat pelaksanaan UKG. Dalam satu hari UKG online dilaksanakan menjadi beberapa gelombang.

Surat Edaran Dirjen GTK Nomor 2825/B/PR/2015 Tentang Pelaksanaan Uji Kompetensi Guru (UKG) Tahun 2015


Dalam rangka memenuhi target Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yaitu yaitu rata-rata kompetensi guru tahun 2019 yang akan datang mencapaia angka 8.00 (delapan), maka Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kemdikbud akan melaksanakan Uji Kompetensi Guru (UKG) pada tahun anggaran 2015 adalah merupakan bagian dari isi surat edaran Dirjen GTK Nomor 2825/B/PR/2015 tersebut.

Tujuan manfaat UKG Uji Kompetensi Guru diantaranya adalah sebagai berikut :
  1. Pemetaan penguasaan kompetensi guru ( kompetensi pedagogik serta profesional ) sebagai basic pertimbangan proses program pembinaan serta pengembangan profesi guru dalam bentuk aktivitas pengembangan keprofesian berkepanjangan.
  2. Sebagai entry point penilaian kinerja guru serta sebagai alat kontrol proses penilaian kinerja guru.
Surat Edaran Dirjen GTK Tentang Pelaksanaan Uji Kompetensi Guru (UKG) Tahun 2015

Untuk menunjang pelaksanaan UKG tahun 2015, Dinas pendidikan juga diminta untuk turut serta membantu dalam persiapan pelaksanaannya, yaitu sosialisasi pelaksanaan UKG tahun 2015 kepada guru dan juga untuk menyiapkan Tempat Uji Kompetensi (TUK).

Persiapan UKG secara Nasional akan dikoordinasikan oleh Direktorat GTK Kemendikbud sekitar bulan September tahun 2015 ini.

UKG tahun ini dilaksanakan untuk mengukur kompetensi dasar tentang bidang studi dan pedagogik. UKG diikuti oleh seluruh guru, baik PNS maupun non-PNS, yang sudah bersertifikasi maupun belum sertifikasi.

Jadwal Pelaksanaan UKG Online 2015

Jadwal Pelaksanaan UKG Online 2015

Jadwal Pelaksanaan UKG Online 2015 Gelombang 1 dan 2

Jadwal Pelaksanaan UKG Offline 2015

Jadwal Pelaksanaan UKG Offline 2015

Kompetensi bidang studi yang akan diujikan adalah tentunya sesuai dengan bidang studi sertifikasi dan sesuai dengan kualifikasi akademik guru bagi guru yang belum sertifikasi.

Hasil pengumuman kelulusan UKG 2015 ini nantinya digunakan untuk memetakan kompetensi guru yang akan menjadi bahan pertimbangan dalam menentukan jenis pendidikan dan pelatihan yang harus diikuti oleh guru.

Selain itu, UKG juga merupakan bagian dari penilaian kinerja guru dan akan menjadi bahan pertimbangan penyusunan kebijakan dalam memberikan penghargaan dan apresiasi kepada guru.

Baca juga informasi terkait dengan bagaimana cara mengetahui pengumuman hasil Uji Kompetensi Guru tahun 2015 dan juga pengumuman kelulusan UKG 2015 pada info berikut ini : Hasil UKG 2015

5 Komentar untuk "Jadwal UKG 2015"

seharusnya pemerintah tidak perlu melakukan UKG, yang perlu dilakukan saat ini dengan membuat program pelatihan para guru sesuai dengan kompetensi masing-masing, karena menilai guru tidak cukup dengan nilai pengetahuan, karena guru yang baik adalah guru sebagai motifator buat anak didiknya dan dapat memahami sikap anak untuk menentukan lagkah konkrit dalam membina anak didik agar memiliki kemauan dan memahami tujuan yang akan dicapainya.

semangat buat teman-teman guru, berkarya terus.....

ukg sdh dpn mata,jdwl blm nongol2. Piye ..piye..iki piyee..

sampe skarang jadwal dimdo blum ada doe

 
Copyright © 2013 ~ 2016 - All Rights Reserved
<