Hamizan Blog

Berbagi Informasi Dan Berita

Sekolah Libur Sabtu Minggu

Wacana sabtu minggu libur sekolah yang dikemukakan oleh Muhadjir Effendy Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) digulirkan ketika mendikbud berkunjung di Malang belum lama ini.

Wacana Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Mendikbud RI) Muhadjir Effendy mengenai penetapan hari Sabtu Minggu menjadi hari libur sekolah nasional mendapat tanggapan dan juga pro kontra di berbagai masyarakat.

Rencana sekolah libur sabtu minggu ini adalah merupakan bagian dari rencana penerapan sekolah dengan pendidikan karakter. Sebelumnya mendikbud juga memberikan wacana rencana Full Day School. setelah dilantik menjadi Mendikbud yang baru menggantikan Anies Baswedan.

Sekolah Libur Sabtu Minggu

Penyebab Alasan Tujuan Sabtu Minggu Libur Sekolah


Muhadjir seperti informasi yang dilansir dari jpnn.com mengatakan bahwa alasan keuntungan manfaat tujuan rencana penetapan sabtu minggu hari libur nasional diantaranya adalah sebagai berikut :
  • Libur hari Sabtu dan Minggu dapat memberi kesempatan kepada siswa yang ingin menikmati waktu berkumpul bersama keluarga.
  • Ajang siswa mengembangkan bakat minat mereka dengan bergabung dalam organisasi.
  • Bagian dari rencana penerapan sekolah dengan pendidikan karakter.
  • Dapat dimanfaatkan waktu untuk refreshing keluarga, dengan memanfaatkan libur dua hari.
"Pendidikan karakter tidak membuat siswa belajar seharian. Ada jam untuk melaksanakan kegiatan menyenangkan, seperti pengembangan minat dan bakat, mengaji atau membaca buku fiksi," terangnya.

Muhadjir menjelaskan, aktivitas menyenangkan itu tergantung dari konsep yang digagas masing-masing sekolah.

Apabila wacana libur hari Sabtu dan Minggu mulai diberlakukan, maka sekolah perlu menggeser rapat koordinasi dan evaluasi, antara guru dan siswa di antara hari Senin hingga Jumat.

Lalu bagaimana dengan pendapat pembaca semuanya, setuju atau tidak setuju dengan wacana sabtu minggu sekolah libur, apa saja keuntungan kerugian sabtu minggu sekolah libur bagi siswa siswi dan anak-anak...???

Selama kebijakan ini bermanfaat dan tidak merusak sistem pendidikan, tentunya harus didukung. Pastinya Bapak Mendikbud memiliki hasil analis maupun kajian mengenai manfaat full day school serta libur nasional Sabtu Minggu ini.

1 Komentar untuk "Sekolah Libur Sabtu Minggu"

Yang hrs dipersiapkan ortu adalah uang saku anaknya mesti ditambah... sanggup ???
Sekolah harus menyiapkan tambahan isi kantin, tong sampah, obat2an, pembalut wanita bagi siswi yg haid, sarana ibadah harus memadai, air bersih harus cukup, tagihan listrik mesti nambah, biaya perawatan komputer dan soft aware lainnya mesti nambah, makan minum guru mesti nambah, guru yg punya balita mesti sewa baby sitter. Dll

 
Copyright © 2013 ~ 2016 - All Rights Reserved
<